Powered by Blogger.

Baca dan unduh buku klasik GRATIS di Project Gutenberg


Alih-alih membagikan berbagai informasi gratis seperti Wikipedia, Project Gutenberg membagikan secara ✨ G R A T I S ✨ berbagai buku klasik bebas hak cipta yang bisa dibaca dan diunduh dalam berbagai format. Sebagian besar judul-judul yang tersedia pernah kulihat di toko-toko buku, dijual dengan sampul yang menarik (dan harga yang bervariasi tergantung penerbitnya), baik dalam bahasa Inggris dan Indonesia. Yah, tentu saja meskipun aku bersumpah untuk terus membaca tulisan cetak di era digital iniseperti gambar tumpukan buku di sidebartapi, kalau bisa dapat buku gratis kenapa tidak? (Maafkan aku dan matematika-ku).

Karena aku sedang mencoba untuk membaca lebih banyak buku klasik, aku senang sekali ketika menelusuri katalognya. Ada drama-drama Oscar Wilde, koleksi lengkap Jane Austen dan Charles Dickens (kebetulan aku sedang ingin membaca Persuasion dan Great Expectations), bahkan The Yellow Wallpaper (Charlotte Perkins Gilman) dan How Much Land Does a Man Need? (Leo Tolstoy) (yang edisi Penguin Black Classics dijual seharga Rp19.000,00 di Periplus dan masuk keranjang belanjaku) juga ada! Buku-buku tersebut bisa langsung dibaca di web, beberapa tersedia dalam format audio, dan tersedia dalam lebih dari 50 bahasa (tapi, sayangnya bahasa Indonesia belum ada). Kalau aku, sih, langsung mengunduh semuanya di hape kemudian membacanya lewat aplikasi Moon+ Reader (hape-ku tidak bisa langsung membaca format file-nya tanpa aplikasi).

Foto tampilan web Project Gutenberg
Halaman muka Project Gutenberg di web

Foto daftar buku di web Project Gutenberg
Katalog buku di Project Gutenberg

Aplikasi Moon+ Reader juga lumayan, kok. Selain bisa langsung mengunduh dari Project Gutenberg, aplikasi ini juga bisa mengunggah e-book-e-book dari hape dan langsung menyimpannya sebagai koleksi di shelf. Ada fitur bookmark, highlight, reading progress, dan (ini yang paling penting!) blue light filter. Well yeah, meskipun tidak ada bau buku yang khas dan sampul-sampul minimalis ala penerbit Penguin, e-book gratis dan aplikasi reader yang ramah mata tentu saja merupakan kombinasi hal yang bagus untuk seseorang yang doyan rebahan sambil main hape (dan kutu buku).

Foto tampilan aplikasi Moon+ Reader di Android
Beberapa judul buku yang sudah kuunduh dan tampilan buku di Moon+ Reader

No comments

Terima kasih atas komentarnya, Kawan. Maaf dimoderasi dulu (ᵔᴥᵔ)