29/06/10

Pertama kali ke luar negeri, euy!

Maaf yo udah lama nggak postingan. Soalnya, selama sepuluh hari aku nggak main-main di dunia maya. Loh, kenapa? Ehem begini. Aku nggak online sepuluh hari karena I went umroh with my family! Hohohoho...

Aku nggak nyangka bisa pergi umroh bareng sama Lila, my sista, Ma en Pa. Selain itu, ini pertama kalinya aku pergi ke luar negeri! Huahahaha, pertama kali ke luar negeri langsung ke Arab ye ckck.

Aku en my pamili mengunjungi 3 kota di Kingdom of Saudia Arabia. Pertama ke Jeddah, pesawatnya juga mendarat di sini. Di Jeddah hanya semalam. Terus, lanjut ke Mekkah. Terakhir, ke Madinah deh. Sampai di Jeddah tuh sekitar jam 11 malam gitu deh. Eh, ternyata kota Jeddah tuh indaaaaaaah banget kalo dilihat dari atas pesawat. Bercahaya. Gemerlapan. Bagus bagus bagus banget. Eh iya, di Jeddah tuh nggak ada motor loh! Di mana-mana mobil. Bahkan, harga mobil di Jeddah tuh murah banget. Makanya, kadang mobil yang udah nggak-bisa-dipake-lagi dibiarkan begitu aja teronggok di sudut jalan
(eh, di Jeddah ada toko yang menjual Porsche dan Lamborghini loh! :p)

Terus, kami ke Mekkah. Nah, kota Mekkah ini disebutnya Kota Haram. Kok bisa? Iyo, maksudnya hanya Muslim aja yang boleh masuk ke dalam kota ini. Madinah juga Kota Haram loh! Tapi, ada juga sih batas-batas wilayah Kota Haram. Hotel tempatku menginap lumayan deket sama Masjidil Haram. Eh iya, setiap satu kali shalat di masjid ini diberi pahala 100.000 loh! Wohohohow, tapi bukan karena itu loh kami selalu shalat di sini. Tapi, karena shalat di sini nikmat banget. Di sepanjang jalan menuju ke masjid ada banyaaaak banget toko en pedagang yang menjual macam-macam barang. Kalo misalnya setelah bubaran shalat, para pedagang saling teriak-teriak menawarkan barang, "10 Riyal! 10 Riyal!" atau "5 Riyal! 5 Riyal!"

Di Masjidil Haram kita nggak diperbolehkan bawa kamera. Kalo mau bawa, sembunyi-sembunyi aja hahaha :p. Di Masjid Nabawi apalagi.

Para penjual di Arab juga bikin ngakak. Kita nanya harga pake bahasa Inggris, eh si penjual menjawab pake bahasa Indonesia. Hahahaha, bisa bahasa Indonesia rupanya. Yasud, transaksi jadi pake bahasa Indonesia, deh! Kadang, kalo lewat di sebuah toko, penjualnya bilang, "Lihat dulu! Lihat dulu!" Lucu, bisa bahasa Indonesia :p

Eh, aku kira Ka'bah tuh letaknya di tempat lain. Ternyata, ada di dalam Masjidil Haram. Ka'bah gede banget ternyata, sementara banyak orang yang mengelilinginya. Eh, ada banyak anak kecil yang cakep-cakep loh di sana, huahahaha. Setelah tawaf, nikmat banget rasanya minum air zam-zam.

Eh iya, kan Arab tuh udaranya panas, terus di mana-mana gurun. Tapi, beneran deh kan pernah aku tawaf siang-siang sebelum dzuhur. Tapi, panasnya tuh nggak kerasa loh. Subhanallah...

Di Mekah en Madinah belanja mulu. Ada banyak toko serba 1 riyal di sana.

Di Madinah, kami shalat di Masjid Nabawi. Hotelnya juga deket banget sama masjidnya. Nah, kalo di Madinah tuh kotanya lebih rapi. Kami ziarah ke makam Rasul, ke kebun kurma, ke medan magnet, ke pemakaman Al-Baqi, en ke Masjid Quba (masjid ini adalah masjid yang pertama kali dibangun oleh Rasulullah SAW). Eh iya, terus ke percetakan Al-Quran juga loh! Percetakan ini adalah percetakan Al-Quran terbesar di dunia. Aku cuma melihat-lihat Al-Quran yang dipamerkan. Ada Al-Quran terjemahan bahasa Korea juga loh! Terus, dapat Al-Quran gratis pula huhuw :D

Memang sih, waktu di Jeddah, belum apa-apa aku udah pengen balik ke Indonesia. Tapi, setelah sudah sampai di rumah, aku jadi kangen sama kota Madinah en kota Mekkah. Semoga aja suatu hari nanti aku bisa ke Madinah en Mekkah lagi.

Show-off photos! *as usual*

Di Mekkah;







Di depan Ka'bah. Taken by Mama :p



Ini waktu Sa'i. Berfoto bareng Lilaaaa!



Ini di jalan dekat Masjidil Haram. Banyak burung merpati loh!





Ini di Jabal Nur, di belakangnya ada Gua Hiro


Di Madinah;


Masjid Nabawi





Ini waktu di medan magnet. Lucu, ada yang jualan es krim di sana :p





'Little Ben' nih, bukannya 'Big Ben'





Menara Masjid Quba



Oke deh, segitu aja yo foto-fotonya.


9 komentar:

  1. sumpah mati, postingan ya bikin ngiler ampe ke jantung ama hati nih.. hiks hiks... jadi pengen........




    lam kenal ya... semoga bla bla bla aja deh

    BalasHapus
  2. wuahaha, makasih yo untuk komennya :D
    aku jg pengen balik lagi ke sana.
    yaa rajin berdoa en nabung aja biar bisa ke sana juga

    hoiya, lam kenal jugak

    BalasHapus
  3. waah, umroh! pengeen >,<

    btw, kalimat awal yang Pa & Ma kaya di Laura Ingalls Wilder

    BalasHapus
  4. @Geegee : hehe, rajin berdoa aja biar bisa umroh bareng2 sekeluarga :D

    hehe, istilah Pa en Ma biar ngirit gitu :D

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. waaah... keren...

    Pasti seneng banget bisa punya pengalaman sekeren itu... Berarti sekarang udah bisa dipanggil Hajah donk?? Hehe...

    Eh, aku suka sama Foto yg lagi makan es krim... Lucu... Hihihi... :)

    CHEERS!!

    BalasHapus
  7. @Nikeee: wahaha, makasih :D
    iya seneng banget, pengen bisa balik lagi ke sana.
    ya nggak juga sih dipanggil hajjah hehe.

    apanya yang lucu? tampangnya ya hoho

    BalasHapus
  8. Subhanallah.....
    kpnkah ku trpanggil ksna???
    smga scpatnya.... amin....
    mga ni bsa mningkatkan k imananmu... amin....
    mngkin klo km ksna lgi bsa brtmu aku... hehehe.. amin

    BalasHapus
  9. subhanallah kikaaaaaaaaaaaa....bikin kakak pengen ke jeddah dan madinah :(

    BalasHapus

Terima kasih atas komentarnya, Kawan. Maaf komennya dimoderasi. ^,^